Resep Kue Pancong Gurih Manis

Resep Kue Pancong Gurih Manis – Kue yang satu ini adalah salah satu resep masakan indonesia kue tradisional yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Camilan yang satu ini mempunyai cita rasa yang sangat lezat dan unik. Rasa manisnya berpadu dengan gurihnya kelapa yang ada di dalamnya. Dalam penyajianya, kue pancong mempunyai cara saji yang berbeda – beda. Di bandung sendiri, kue pancong ini disajikan dengan menggunakan saos yang pedas. Sedangkan di jawa tengah, kue ini disajikan menggunakan taburan gula pasir di atasnya. Meskipun banyak sekali penjual yang menjual kue pancong ini, tak ada salahnya Anda mencoba membuatnya dengan resep di bawah ini.

Resep Kue Pancong Gurih Manis

Bahan – bahan membuat kue pancong :
  • 300 gram tepung beras dengan kualitas bagus. Sebelum anda menggunakan tepung beras ini, Anda harus mengayaknya terlebih dahulu agar adonan dapat lebih halus.
  • 1 buah buah kelapa dengan ukuran sedang. Pilih kelapa yang tidak terlalu tua agar kue pancong yang anda buat terasa lebih gurih.
  • 650 ml santan yang dihasilkan dari perasan buah kelapa. Alternatif lain adalah Anda dapat menggunakan santan instan jika Anda mau.
  • Garam secukupnya saja
  • Untuk taburan di atasnya, Anda dapat menggunakan gula pasir, cokelat, keju dan masih banyak lagi yang lain.
Cara membuat kue pancong yang manis dan juga gurih
  1. Rebus santan yang akan Anda gunakan hingga mendidih. Dalam merebus santan ini, pastikan Anda melakukanya sambil diaduk aduk agar kualitas santan yang dihasilkan  bagus dan tidak pecah. Setelah santan tadi matang diamkan sejenak  agar dingin kemudian baru dicampur dengan bahan lain.
  2. masukkan tepung beras yang telah diayak dan garam dapur serta kelapa parutnya. Kemudian Anda aduk ketiga bahan diatas hingga tercampur dengan rata sempurna.
  3. Setelah itu Anda dapat menuang santan yang telah dingin ke dalam adonan tepung perlahan – lahan sambil di aduk agar tercampur dengan rata.
  4. Langkah selanjutnya adalah dengan menyiapkan cetakan kue pancong di atas api sedang hingga panas.
  5. Oleskan sedikit minyak agar tidak lengket sebelum Anda menuang adonan ke dalam cetakan.
  6. Tunggu hingga matang atau pinggiranya berubah menjadi cokelat.
  7. Sajikan hangat – hangat
Demikianlah resep kue pancong yang dapat disajikan ketika dingin atau pada sore hari sambil berkumpul dengan keluarga. Anda dapat menambahkan toping di atasnya sesuai dengan kreasi Anda.